Saturday, December 15, 2007

Merpati Buka Lagi Dua Rute Baru

Merpati Nusantara Airlines bulan ini kembali membuka dua rute baru dari Jakarta-Surabaya-Manado dan Jakarta-Bandar Lampung menyusul kedatangan tiga pesawat tambahan pada awal Desember ini.

Sekretaris Perusahaan Merpati Purwatmo mengatakan selama ini perusahaan sudah menerbangi rute Jakarta-Manado, tetapi dilakukan melalui Makassar, sementara rute baru yang akan dibuka ini terbang dengan pesawat yang sama melalui Surabaya. Merpati juga kembali terbang ke Bandar Lampung setelah cukup lama ditinggalkan.

"Kedua rute baru itu akan kami terbangi mulai pekan depan yakni Jakarta-Surabaya-Manado menggunakan pesawat Boeing 737 seri 400 satu kali setiap hari, sementara untuk rute Jakarta-Bandar Lampung juga pekan depan dengan frekuensi dua kali sehari," ujar Purwatmo kepada Bisnis.

Merpati kini gencar membuka rute baru yang sebelumnya pernah diterbangi perusahaan itu. Pekan lalu misalnya, Merpati kembali menerbangi Jakarta-Medan menggunakan pesawat Boeing 737-400. Perusahaan ini juga membuka rute Jakarta-Pekanbaru. Kedua rute ini pernah diterbangi BUMN itu.

Dengan penambahan rute baru dan peningkatan frekuensi tersebut, kata Purwatmo, frekuensi terbang Merpati kini mencapai 150 kali dalam sehari dari sebelumnya 106 kali. Kapasitas tempat duduk yang disediakan perusahaan itu setiap harinya mencapai 170.000 atau totalnya 5,2 juta per tahun.

Maskapai pelat merah itu menjelang tutup tahun 2007 ini menambah sedikitnya 5 unit pesawat jenis Boeing 737-400 yang disewa dari perusahaan lessor Futura dari Spanyol sebesar US$250.000 per bulan. Ke lima pesawat itu tiga unit Boeing 737-400 telah tiba di Jakarta pada Jumat dan Sabtu pekan lalu, sementara sisanya sebanyak dua unit akan datang pada akhir tahun ini atau paling lambat Januari 2008.

No comments: