Wednesday, January 9, 2008

BMG: Cuaca Buruk Masih Akan Terus Berlanjut

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) mengatakan, cuaca buruk yang menimpa Indonesia sejak sebelum Natal masih akan terus berlanjut. BMG telah mengeluarkan peringatan gelombang laut yang tinggi dan cuaca buruk.
Menurut Koran Tempo, BMG memperkirakan cuaca buruk akan terus berlangsung hingga akhir Januari.
“Gelombang laut yang tinggi disebabkan oleh turunnya tekanan udara di perairan Australia and siklus bulan 19 tahunan yang berbeda,” kata jurubicara BMG, Suratno. BMG telah memperingatkan penumpang kapal laut, taker dan nelayan untuk menunda perjalanan.
Gelombang laut setinggi 4-5 meter diperkirakan akan dapat terjadi di Laut Cina Selatan, Laut Banda dan Kai dan perairan Tanimbar di Maluku, Laut Aru dan lepas pantai Selatan Papua. Selain itu, gelombang tinggi juga melanda wilayah Laut Jawa, samudra Hindia wilayah Bengkulu dan Lampung dan Nusa Tenggara Timur.
“Gelombang laut setinggi 4meter juga akan terjadi di perairan Riau, Bangka-Belitung, Pontianak, Selat Makassar sampai Sangihe Talaud di Sulawesi Utara,” kata Suratno.
Gelombang tinggi telah menghancurkan pelabuhan nelayan di Pulau Kerayan, Kotabaru dan Kalimantan Selatan. Kerusakan tersebut telah menunda pasokan makanan ke wilayah kepulauan tersebut.
BMG juga telah memperingatkan kapal-kapal dan nelayan di lepas pantai selatan Papua tentang kemungkinan terjadinya gelombang laut sebesar 4-6 meter.

No comments: