Friday, November 2, 2007

Sejarah Merpati Maintenance Facility (MMF)


Untuk menunjang kelancaran operasional penerbangan PT. Merpati Nusantara Airlines, maka pada tahun 1989 dibangunlah fasilitas perawatan bagi pesawat-pesawat milik PT. Merpati Nusantara Airlines yang dinamakan Merpati Maintenance Facitity. Pada mulanya fasilitas perawatan ini akan dibangun di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, tetapi sesuai instruksi Presiden, lokasinya dialihkan ke Bandara IR. H. Djuanda, Surabaya.

Pembangunan Merpati Maintenance Facility (MMF) dirampungkan dalam waktu 720 hari, ada keterlambatan 74 hari dari waktu yang direncanakan. Proyek pembangunan Pusat Perawatan Milik Merpati ini diserahkan kepada kontraktor nasional yang rancang bangunnya didisain dengan sistem cakar ayam karya putra-putra Indonesia. Hanggar dan Apronnya dirancang khusus untuk menampung pesawat berbadan lebar seperti DC-10 dan Airbus. Konstruksi lantai terdiri dari tiang-tiang pancang sebagai penyangga dengan lantai bertulang sebesar 40 cm. Sedang untuk Apron dan Taxi way digunakan pondasi cakar ayam. Mengingat letaknya yang tidak jauh dari pantai, maka untuk menjaga kualitas kerangka dari korosi dilakukan pengecatan khusus, sedangkan untuk pengamanan dari banjir telah dipasang empat buah pompa irigasi yang letaknya di desa Banjar Kemuning.

Pada akhir tahun 1990 pembangunan gedung-gedung perkantoran, perbengkelan, dan fasilitas pembantu(tambahan) telah selesai dilaksanakan. Untuk itu semua fasilitas perawatan dari Workshop Ujung Pandang Hanggar Kemayoran dipindahkan ke Surabaya. Mulai awal Juni 1991 telah dipindahkan pula 150 pegawai dari Ujung Pandang dan 102 pegawai dari Jakarta ke Surabaya, sehingga MMF mulai beroperasi pada tanggal 1 Agustus 1991. bertepatan dengan ulang tahun Merpati Maintenance Facility (MMF) diresmikan oleh Menteri Perhubungan Indonesia pada waktu itu Ir. Azwar Anas.

1 comment:

HNC Soerabaja said...

Kepada GM.SBU Bpk.Pri Haryono dan MMF (merpati Miantenance Facility) Juanda AIrport serta PT.Merpati Nusantara Airlines, kami HNC Soerabaja mengucapkan TERIMA KASIH atas bantuannya menjadi Sponsorship FUn Rally dalam rangka Anniversary yg ke 1.
Hormat kami
HNC Soerabaja
Ketua
Nur Izzati Anwar
http://hncsoerabaja.blogspot.com